Sudah lama saya tidak menulis yah, oke tulisan kali ini akan saya bahas tentang HTML.. Apakah itu HTML? makhluk apakah itu? hehe.. oke tanpa panjang lebar, saya langsung jelaskan saja apa itu HTML. HTML itu merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language yang mana sebuah bahasa sederhana yang digunakan untuk mengimplementasikan konsep hypertext ke dalam sebuah naskah atau dokumen. HTML dikenal juga dengan protocol yang menstrasfer sebuah naskah atau dokumen tersebut dari web server ke dalam browser. Di dalam HTML dikenal dengan nama tag <nama tag> , nama tag tersebut adalah syntak dari HTML. Nama tag di dalam HTML haruslah berpasangan, jadi jika ada nama tag awal harus di akhiri dengan nama tag akhir, yang membedakan tag awal dan tag akhir yaitu hanya penggunaan “/”, Pusing? Misalnya seperti ini :

Tag awal :> <nama tag>

Tag akhir :> </nama tag>

Udah paham belum? Oke saya anggap sudah yah..

Di dalam HTML terdapat kerangka atau syntak default yang harus ada, yaitu :

html

Kenapa harus seperti itu penulisannya? Intinya sih biar rapih saja, jadi kalau kita buat program kemudian di baca orang dan orang itu nanti tidak akan pusing untuk membacanya.

Oke kita bahas satu-satu yah, mulai dari tag:

1. <html> , itu tandanya mencirikan bahwa dokumen ini berupa html

2. <head>, head merupakan kepala dari browsernya misalnya seperti gambar dibawah ini

head

3. <title>, masih berhubungan dengan head, yang mana title ini adalah judul dari headnya, misalnya “google”, seperti contoh pada head

4. <body>, nah yang ini yang paling penting, jika kita ingin mengisi content atau isinya semuanya harus di body.

Dan penulisannya harus berada ditengah-tengah tag yah, misalnya seperti ini :

<title>Belajar HTML</title>

Ini baru pengenalan HTML yah, nanti masih banyak tag-tag yang digunakan pada HTML, misalnya untuk ukuran huruf, jenis huruf, memberikan warna background, memberikan gambar dll.

Gimana paham kan?  Oke, untuk sekarang saya nulis segini dulu saja, nanti saya lanjutkan lagi yah.. semoga bermanfaat