Pada postingan sebelum ini, saya sudah menjelaskan dari pengenalan HTML kan yah, nah sekarang saya akan memberikan contoh dalam membuat halaman web sederhana dengan menggunakan HTML, sangat simple, hanya menambahkan judul saja kemudian diberikan paragraph yang sederhana, berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Buka notepad++ atau notepad saja, disini saya menggunakan notepad++

Saya berikan penjelasan sedikit tentang kenapa saya menggunakan notepad++, notepad++ itu sangat mudah digunakan untuk melakukan coding, kenapa? Karena dipermudah jika terlihat error yang nanti muncul, kemudian notepad++ memiliki banyak bahasa jadi jika kita menuliskan bahasa HTML di notepad++ nanti akan terlihat apa yang salah, maksudnya seperti ini.. HTML itu kan harus berpasangan yah nama tag nya, nah untuk mengecek apakah nama tagnya sudah benar atau salah, kita hanya cukup klik di nama tagnya maka akan berubah warna seperti ini :

contoh1

Tetapi jika kita klik tagnya dan hasilnya seperti gambar ini maka terdapat penulisan yang salah..

contoh2

Jadi sangat mudah untuk di cek kesalahannya.. oh iyah, agar notepad++ seperti gambar diatas, jangan lupa ubah languagenya terlebih dahulu yah, di menu bar ada “language” nanti kalian pilih H kemudian pilih HTML.

1. Tuliskan syntak html seperti dibawah ini :

contoh3

2. Simpan sesuai dengan keinginan, jika saya simpan di Local Disk D:\FolderApaAja

3. Buka File tersebut, jika sudah di simpan maka akan muncul seperti ini

contoh4

4. Jika sudah, maka klik dua kali pada file contoh tersebut nanti hasilnya akan seperti ini

contoh5

Gimana? Nah sekarang kalian udah bisa membuat halaman web donk yah? Cciieee hehe.. jika kalian rajin dan giat dalam mempelajari HTML siapa tau nanti kalian bisa mengalahkan mark yang membuat facebook hehe..