Pada postingan sebelumnya, saya sudah menuliskan cara membuat query di MS.Access menggunakan 1 tabel saja, nah pada postingan kali ini saya akan memposting cara membuat query menggunakan 2 tabel. langsung aja kali yah. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Buat database terlebih dahulu (database query 2 tabel)

database

2. Buat tabel baru (tabel daftar harga)

daftar harga

3. Isi record (bebas)

4. Close tabel daftar harga

5. Buat tabel lagi (tabel transaksi)

transaksi

6. Lookup wizardkan kode barang (ambil data dari tabel daftar harga yaitu kode barang dan harga barang) *untuk cara lookup wizard ada di postingan sebelumnya)

LW

7. Close tabel transaksi

8. Create -> Query design

9. Tambahkan tabel daftar harga dan tabel transaksi

show tabel

10. Setelah itu klik 2 kali pada field yang akan kalian butuhkan dalam proses perhitungan (query), pada kasus ini saya klik 2 kali. jika sudah klik kanan pada total bayar dan builder dan hasilnya kaan seperti gambar dibawah ini :

show tabel2

builder

12. Masukan rumus

expresion builder

13. oke -> Run -> dan lihat hasilnya

hasil

Yups itu lah cara membuat query pada Ms.Access dengan menggunakan 2 tabel, sebenarnya konsepnya itu sama mau 1 tabel atau 2 tabel atau beberapa tabel, semua permainannya ada di tahap ke 12 yaitu pemasukan rumusnya, field mana yg mau di gunakan dalam proses perhitungan, gampang kan yah? hehe..

oke postingannya segitu aja dulu, terima kasih sudah membaca dan jangan lupa komentarnya yah biar saya semakin semangat buat menulis hehe… semoga coretan ini bermanfaat yah😀