tadi siang menuju sore saya menulis tentang pembuatan lookup wizard 1, jika kalian belum baca dan belum tahu ini lookup wizard 1, silahkan dibaca dulu > disini . ada yang bingung kenapa saya menuliskan lookup wizard 1, 2 dan 3? sebenernya lookup wizard ga ada 1,2,3 tapi berhubung saya mengajar di SMKN 8 Bandung yang memecah materi lookup wizard menjadi lookup wizard 1,2, dan 3. apa yang membedakan sih sebenarnya lookup wizard 1,2 dan 3? sebenarnya perbedaanya hanya ada di pemindahan fieldnya, jika lookup wizard 1 berarti pemindahan field dan penggunaan fieldnya adalah 1 begitu juga dengan lookup wizard 2 dan 3 berarti penggunaan dan pemindahan fieldnya 2 dengan 3 seperti itu..

nah sekarang saya akan menjelaskan pembuatan lookup wizard 2, sebenarnya sama halnya dengan lookup 1, langkahnya pun sama saja, yang membedakan adalah pada langkah ini :

 

pada gambar diatas itu yang dipindahkan field dari kiri ke kanannya itu adalah kode barang, disana hanya ada 1 field kan? nah jika kalian ingin melakukan lookup wizard 2 yaitu kode barang dengan nama barang maka pindahkan kode barang beserta nama barang, nah nanti hasil dari lookup wizard 2 seperti gambar dibawah ini :

 

terlihat kan pada gambar diatas terdapat 2 field? mungkin kalian bertanya2 kenapa lookup wizard digunakan diaccess? nantikan kelanjutan tulisan reasker selanjutnya, saya akan membahas fungsi utama dalam penggunaan lookup wizard, semoga tulisan ini bermanfaat yah, makasih sudah membaca🙂