Kemarin saya sudah menulis tentang tipe data, nah sekarang saya akan menulis tentang tipe data lookup wizard secara khusus, kan kemarin itu saya bahas tipe data secara umum, dan sekarang saya akan memberikan contohnya juga untuk penggunaan tipe data lookup wizard.

Jika menggunakan tipe data ini untuk sebuah field, maka bisa memilih sebuah nilai dari tabel lain atau dari sebuah daftar nilai yang ditampilkan dalam combobox. itu lah pengertian dari Lookup Wizard, siapa tau kalian lupa akan penjelasan dari lookup wizard hehe..

dan ini lah langkah  dari pembuatan lookup wizard, disini saya akan mencontohkan penjualan barang, langkahnya adalah :

1. kalian buat database terlebih dahulu, beri nama dengan latihan (conditional yah)

2. kalian buat tabel harga, tentukan tipe datanya beserta primary keynya seperti gambar dibawah ini :

3. kalian isi record pada tabel harga, *bebas*, saya beri contoh 3 record seperti gambar dibawah ini

4. close tabel harga

5. buat tabel baru namanya tabel transaksi

6. tentukan tipe data beserta primary keynya agar menjadi foreign key seperti gambar dibawah ini :

7. jika sudah kalian ubah tipe data text pada kode barang menjadi lookup wizard (pada kasus ini yang akan dilookup wizardkan adalah kode barang

8. ikuti perintah dibawah ini :

a. jika kalian sudah merubah tipe data text menjadi lookup wizard maka nanti secara otomatis akan keluar kotak dialog seperti gambar dibawah ini :

*keterangan :> disana akan ada 2 pilihan, pilihan yang i want the lookup column to look up the values in a table or query adalah kalian akan membuat lookup wizard dengan bantuan tabel lain, pada kasus ini adalah tabel harga. kemudian untuk pilihan satunya lagi yaitu i will type in the value that i want  itu adalah kalian me-lookup wizard tanpa bantuan tabel lain alias kalian membuat lookup wizard sesuka hati, di sini saya akan mencontohkan pembuatan lookup wizard dengan bantuan tabel lain alias pilihan pertama.

b. kalian pilih yang i want

c. sesudah itu kalian next

d. akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini :

itu adalah perintah dimana, kalian mau memilih tabel mana yang akan menjadi bantuan untuk lookup wizard, kasus disini adalah mengambil data dari tabel harga, sesudah itu kalian next

e. jika tadi memilih tabel sekarang kalian diminta untuk memilih fieldnya, field mana saja yang kalian butuhkan untuk lookup wizard, disini saya akan mencontohnya lookup wizard 1 yang artinya hanya 1 field yang kita butuhkan untuk lookup wizard

f. pindahkan kode barang seperti gambar dibawah ini :

g. Jika tadi memilih field sekarang kalian akan disuruh untuk mengurutkan filed sesuai dengan kebutuhan (di ururtkan atau tidak itu tidak berpengaruh)

h. Jika sudah kalian akan diberikan hasilnya, dan ini lah hasil dari lookup wizard sebelum di finish, tampilannya akan seperti ini nantinya.

i. jika sudah kalian tekan finish dan nanti secara otomatis access meminta kalian untuk menyimpan hasil lookup wizard, maka yes saja.

j. dan hasil akhirnya adalah seperti ini,

dan ini lah yang sudah saya buat, siapa tau ingin download databasenya , kalian bisa download filenya yang sudah dibuat tadi “disini .

oke itu dulu yang saya bisa berikan untuk kalian, nantikan coretan reasker lainnya yah, semoga bermanfaat, nanti saya akan tulis lookup wizard 2 dan lookup wizard 3, makasih sudah membaca🙂