Oke sekarang saya akan menulis tentang query, apa itu query? Query itu adalah bahasa SQL (Structured Query Language) yang mana kita dapat membuat, merubah, menghapus tabel serta query dapat berfungsi sebagai fungsi matematis. yang kalian perlu perhatikan adalah query tidak sama dengan tabel, mengapa? karena query tidak bisa menyimpan data di Ms.Access karna sesungguhnya sumber dari query tersebut adalah tabel. kita dapat mendapatkan semua informasi melalui query,

Di dalam Ms.Access terdapat memiliki beberapa cara untuk membuat sebuah query, diantaranya sebagai berikut :

1. Menggunakan kode SQL

Untuk kode SQL, kita membuat query dengan dituntut untuk mengerti akan syntaknya, disini kita akan mengerti bagaimana cara membuat tabel, menampilkan tabel, menghapus tabel serta melakukan perhitungan secara lebih teliti, karena jika kita salah dalam penulisan maka query tersebut akan error.

2. Menggunakan Query design

(kita akan bahas point dikedua ini), Query design sangat diberikan kemudahan oleh Ms.Access kepada para penggunanya, kenapa? karena kita tinggal menambahkan tabel mana yang akan kita gunakan dalam proses perhitungan, kemudian untuk menampilkan tabel kita dengan mudah mengklik 2 kali field yang akan ditampilkan.

3. Menggunakan Query wizard

Query wizard hampir sama dengan query design hanya bedanya query wizard itu tampilannya seperti kotak dialog.

Menurut saya, untuk kalian yang sederajat SMK yang mata pelajarannya KKPI, kalian bisa gunakan query dengan pilihan kedua yaitu Query design, tapi jika kalian sudah mampu untuk melakukan coding, maka saya sarankan kalian menggunakan kode SQL.

Oke pengenalannya sampai disini dulu, nantikan coretan reasker selanjutnya, saya akan mencoba menulis cara membuat perhitungan dengan menggunakan query pada MS.Access, semoga tulisan ini bermanfaat yah, dan makasih sudah membaca🙂 jangan lupa komentarnya hehe..