Pada postingan sebelumnya, saya sudah menjelaskan pengenalan query yah, nah sekarang saya akan mencoba untuk membuat program dengan menggunakan query, ini query sederhana yang akan menghitung total bayar. Query disini akan saya contohkan terlebih dahulu yaitu query dari satu (1) tabel yah.

Total bayar adalah hasil dari perkalian harga barang * jumlah beli, dan query kali ini akan menggunakan query design, dan ini lah langkah-langkahnya :

1. buat database terlebih dahulu

2. buat tabel latihan

3. isikan field seperti dibawah ini dan tentukan tipe datanya

4. close tabel latihan

5. create > query design

6. tambahkan tabel latihan seperti gambar dibawah ini

7. nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini setelah kalian add tabel latihan :

 

 

8. setelah itu klik 2 kali pada field yang akan kalian butuhkan dalam proses perhitungan (query), pada kasus ini saya klik 2 kali, dan hasilnya kaan seperti gambar dibawah ini :

 

9. jika sudah maka klik kanan pada total harga > kemudian builder, nanti akan keluar kotak dialog seperti dibawah ini :

pada gambar diatas sudah diisi oleh penulis, awalnya itu muncul hanya tulisan total harga saja, nah kalian bisa tambahkan😦 setelah total harga,😦 sama seperti = (sama dengan)

10. Jika kalian sudah menuliskan total harga😦 , maka kalian klik 2 kali tabel mana yang akan kalian gunakan dalam proses perhitungan, pada kasus ini adalah tabel latihan, maka nanti akan muncul field2nya seperti gambar diatas, maka klik 2 kali pada harga barang, setelah itu klik operasi * (tanda bintang) setelah itu klik 2 kali jumlah beli kemudian akhiri dengan ) (kurung tutup)

11. setelah itu klik OK

12. Run

13. coba isi record pada query tersebut, dan lihat hasilnya

oke gimana sudah ngerti kah sekarang? ini baru query 1 tabel, nanti saya akan menulis query dari 2 tabel, terus 1 query dengan perhitungan yang memanjang, nantikan terus tulisan saya, semoga tulisan ini bermanfaat yah, terima kasih sudah membaca, jangan lupa komentarnya🙂