Coretan reasker kali ini akan membahas tentang materi yang saya dapatkan ketika mengajar di SMKN 8 Bandung, saya hanya ingin berbagi dengan kalian semua, semoga tulisan kali ini bsia bermanfaat bagi kalian semua. Oke tanpa panjang lebar lagi, saya akan membahas apa sih itu tipe data?

Tipe data digunakan pada filed-field yang akan kita gunakan untuk membuat program sederhana pada Ms.Access baik itu Ms.Access 2003, 2007 sampai 2010 yang terbaru. Pada Ms.Access terdapat beberapa tipe data, di sini saya akan membahas 10 tipe data, penjelasannya sebagai berikut :

1. Text

Text digunakan untuk field alfanumeric (misalnya nama, alamat, kode pos, dll), jadi tipe data text disini memiliki banyak karakter dan karakter tersebut ialah 255 karakter pada setiap fieldnya.

2. Memo

Tipe data memo sama halnya dengan text, tetapi tipe data memo dapat menampung kurang lebih 64.000 karakter untuk tiap fieldnya, tapi tidak bisa diurutkan/diindekskan.

3. Number

Tipe data Number dapat digunakan untuk menyimpan data numeric yang akan digunakan untuk proses perhitungan matematis (misalnya mengurangi, menambahkan, mengkali dan membagi suatu bilangan)

4. Date/Time

Tipe data Data/time digunakan untuk data yang berjenis tanggal, waktu atau penggabungan dari tanggal dan waktu

5. Currency

Tipe data Currency yaitu data dengan jenis number, hanya saja pada awal angka selalu disertakan symbol currency default sesuai dengan regional setting yang digunakan, misalnya RP. $, dll. Currency dapat menggunakan angka dengan 15 dgiit dibelakang desimal dan 4 digit sesudah desimal

6. AutoNumber

Tipe data Auto Number adalah data yang tidak dapat kita isi secara manual melainkan ia terisi secara otomatis oleh Access, baik secara menjumlah ataupun random (acak) , AutoNumber biasanya digunakan untuk penomoran.

7. YES/NO

Tipe data Yes/No merupakan tipe data dengan 2 pilihan saja yaitu Yes (1 atau Ture) dan No (0 atau False). dan format yang tersedia adalah Yes/No, True/False, dan On/OFF

8. OLE Object

Tipe data OLE Object digunakan untuk eksternal objek, seperti bitmap atau file suara

9. Hyperlink

Tipe data Hyperlink digunakan untuk menyimpan alamat internet atau file yang ditunjukan melalui alamat URL

10. Lookup Wizard

Jika menggunakan tipe data ini untuk sebuah field, maka bisa memilih sebuah nilai dari tabel lain atau dari sebuah daftar nilai yang ditampilkan dalam combobox

11. Attachment

Attatchment itu merupakan tipe data yang digunakan untuk melampirkan sebuah data apapun bentuk filenya / ekstensinya.

nah itu lah 11 tipe data yang ada di Ms.Access, semoga tulisan ini bisa membantu yah, tunggu tulisan reasker selanjutnya🙂